Bappeda

VISI DAN MISI BAPPEDA KABUPATEN MALAKA

A. VISI DAN MISI BAPPEDA

Visi Bersama Bappeda sebagai berikut: “Menjadi Koordinator Perencanaan Pembangunan Daerah yang Transparan, Partisipatif dan Akuntabel

Misi  Badan  Perencanaan  Pembangunan  Daerah  Kabupaten  Malaka  dirumuskan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan  koordinasi,  kerjasama  dan  partisipasi  masyarakat  dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah;
  2. Meningkatkan kualitas aparatur perencana pembangunan.

B. STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Bappeda Kabupaten Malaka   sesuai   Peraturan Bupati     Malaka Nomor :  04 tahun 2013 tanggal  25 Juni 2013 yang memuat  dan  menjelaskan  tugas pokok dan fungsinya terdiri dari :

  1. Kepala, bertugas membantu dalam menentukan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan daerah serta penilaian atas pelaksanaannya.
  2. Sekretariat. Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dipimpin oleh seorang sekretaris  yang  mempunyai  tugas  membantu  Kepala  Bappeda di  bidang Umum, Kepegawaian,   Keuangan, Perlengkapan, Penyusunan dan Pengembangan sistim Perencanaan Kegiatan di lingkungan Bappeda Kabupaten Malaka.
  3. Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris dibantu oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan, Kepala Sub Bagian Penyusunan dan Pengembangan Sistem Perencanaan Kegiatan.
  4. Bidang Perencanaan Ekonomi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang bertugas membantu Kepala Bappeda di dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah di bidang ekonomi serta penilaian atas pelaksanaannya.
  5. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Ekonomi dibantu oleh Kepala Sub
  6. Bidang Kemakmuran, Kepala Sub Bidang Dunia Usaha, Koperasi dan Indag.
  7. Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana, dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang bertugas membantu Kepala Bappeda di dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah di bidang sarana dan prasarana serta penilaian atas pelaksanaannya.
  8. Dalam  menjalankan  tugasnya,  Kepala    Bidang  Perencanaan  Fisik dan  Prasarana dibantu oleh Kepala Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Perhubungan, Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Sumber Daya Alam.
  9. Bidang Perencanaan  Sosial  Budaya,  dipimpin oleh seorang Kepala Bidang  yang bertugas membantu Kepala Bappeda didalam menentukan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah di bidang sosial budaya dan hukum serta penilaian atas pelaksanaannya.
  10. Dalam menjalankan tugasnya, Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dibantu oleh Kepala Sub Bidang Sosial, Pemerintahan dan Polhukam, Kepala Sub Bidang Pendidikan, Budaya dan Kesehatan.
  11. Bidang  Penanaman  Modal  Daerah,  dipimpin  oleh  seorang  Kepala Bidang  yang bertugas membantu Kepala Bappeda di dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan  pembangunan  daerah  di bidang  penanaman  modal  daerah  serta penilaian atas pelaksanaannya.
  12. Dalam menjalankan tugasnya, Kepala   Bidang Penanaman Modal Daerah dibantu oleh Kepala Sub Bidang Data dan Informasi Penanaman Modal, Kepala Sub Bidang Promosi, Kerjasama dan Pelayanan Penanaman Modal
  13. Bidang Statistik dan Pelaporan, dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang bertugas membantu Kepala Bappeda dalam melaksanakan Pengumpulan Data, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan serta Pengendalian pembangunan.
  14. Dalam menjalankan tugasnya, Kepala Bidang Statistik dan Pelaporan dibantu oleh: Kepala Sub Bidang Pendataan dan Statistik, Kepala Sub Bidang Evaluasi dan Pelaporan.

C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

a.  Tugas Pokok :

Membantu Bupati dalam menentukan kebijakan bidang perencanaan pembangunan daerah serta penilaian atas pelaksanaannya. Bidang perencanaan dimaksud meliputi penyusunan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan rencana serta evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

b.  Fungsi :

  1. Menyusun Dokumen Rencanan Pembangunan Jangka Panjang Daerah   (RPJPD ).
  2. Menyusun Dokumen Rencana Pembangunan Jangka menengah  Daerah (RPJMD).
  3. Menyusun Dokumen Perencanaan Pembangunan Tahunan Daerah.
  4. Menyusun  Rancangan  Anggaran  Pendapatan  Belanja  Daerah  (APBD)  yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Daerah.
  5. Melakukan kerjasama dan koordinasi Perencanaan dengan Dinas/Instansi/Unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malaka.
  6. Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan pembangunan daerah.
  7. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan daerah.
  8. Melakukan pengumpulan, pengkajian dan penyajian data serta menyusun   sistem informasi untuk kepentingan perencanaan pembangunan daerah.
  9. Melakukan kegiatan lain dalam rangka perencanaan sesuai petunjuk dan arahan Bupati.

D.  TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan dan strategi Bappeda Kabupaten Malaka merupakan pengejawantahan visi dan misi yang telah ditetapkan yang berorientasi pada operasionalisasi visi dan misi tersebut. Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari misi Bappeda Kabupaten Malaka yang akan dicapai atau dihasilkan dalam kurun waktu sampai dengan lima tahun mendatang.

Untuk mewujudkan pencapaian tujuan maka secara substansi, tujuan-tujuan yang ditetapkan akan saling mendukung pencapaian tujuan utama dan secara birokratis akan menjadi alasan yang sah bagi unit-unit kerja untuk berperan serta dalam mencapai tujuan utama Bappeda Kabupaten Malaka secara keseluruhan.

Tujuan  Bappeda Kabupaten Malaka adalah sebagai berikut :

a.   Tujuan

Tujuan strategis Bappeda Kabupaten Malaka merupakan pengejawantahan visi dan misi  yang telah ditetapkan  yang berorientasi pada operasionalisasi visi  dan misi tersebut. Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari misi Bappeda Kabupaten  Malaka  yang  akan  dicapai    dalam  kurun  lima  tahun,  maka  tujuan diuraikan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan    koordinasi  ,  integrasi  dan    sinkronisasi  perencanaan    daerah sesuai kondisi lokal,
  2. Meningkatkan  koordinasi,  integrasi  ,  sinkronisasi    dan  monev    pelaksanaan perencanaan pembangunan.
  3. Meningkatkan  sarana dan prasarana kantor.
  4. Meningkatkan  fasilitasi perencanaan pembangunan dengan stakeholders
  5. Meningkatkan kualitas SDM perencana pembangunan

b.  Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan, dimana sasaran yang akan dicapai oleh Bappeda dalam jangka waktu lima tahun.   Indikator sasaran merupakan ukuran keberhasilan ataupun kegagalan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan baik secara kualitatip maupun kuantitatip. Sasaran yang ingin dicapai adalah :

  1. Terlaksananya    koordinasi,  integrasi  dan    sinkronisasi perencanaan  daerah sesuai kondisi lokal.
  2. Meningkatnya  koordinasi,integrasi  ,  sinkronisasi  dan     monev pelaksanaan perencanaan pembangunan.
  3. Meningkatnya  sarana dan prasarana operasional  kantor.
  4. Meningkatnya  fasilitasi perencanaan pembangunan dengan stakeholders
  5. Meningkatnya  kualitas SDM perencana pembangunan