Pertanian

Kawasan pertanian merupakan kawasan yang diperuntukan bagi tanaman pangan. Hal ini sangat berkaitan dengan Pogram Revolusi Pertanian yang telah dicanangkan oleh Bupati Malaka dan Wakil Bupati Kabupaten Malaka dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malaka.

Kawasan pertanian lahan basah ini merupakan kawasan yang diperuntukkan bagi tanaman pangan lahan basah di mana pengairannya dapat diperoleh secara alamiah maupun teknis, dalam hal ini yang dimaksud adalah sawah.Pengembangan kegiatan pertanian tanaman pangan lahan basah lebih diutamakan pada intensifikasi pertanian, sehingga dengan luas lahan yang ada, produksi bahan pangan dapat ditingkatkan. Luasan kawasan pertanian lahan basah Kabupaten Malaka adalah 1.033,47 Ha (0,926 % dari luas Kabupaten Malaka). Di Kabupaten Malaka jumlah luas lahan beririgasi sebanyak 8.098 Ha dan luas lahan Non Irigasi sebanyak 2.955 Ha. Luas lahan sawah beririgasi lebih luas dibandingkan luas sawah tadah hujan. Luas sawah beririgasi sebesar 8.098 Ha, sedangkan luas sawah tadah hujan sebesar 2.955 Ha. Produktivitas padi sawah di Kabupaten Malaka sebesar 39,81 Kw/Ha dengan produksi padi sawah yang dihasilkan sebesar 16.135 ton dari luas panen yang ada sebesar 4.053 Ha.

Kawasan pertanian lahan kering merupakan kawasan yang diperuntukan bagi tanaman pangan lahan kering, untuk tanaman palawija, tanaman tahunan, perkebunan, dan peternakan serta padang pengembalaan ternak. Kawasan pertanian lahan kering yang ada di Kabupaten Malaka memiliki
luasan 22.195,91 Ha atau 19,887% dari luas Kabupaten Malaka keseluruhan, dimana daerah lahan kering/tegalan diarahkan di seluruh kecamatan dekat dengan permukiman penduduk dan pada lereng permukaan lahan yang relatif landai. Areal tanam padi ladang ini juga terdapat di beberapa kecamatan yaitu : Malaka Barat, Malaka Tengah, dan Kobalima. Selain padi, produksi bahan pangan lainnya seperti tanaman jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah dan kacang hijau juga menjadi
andalan bagi pendapatan sebagian masyarakat di Kabupaten Malaka. Untuk jagung baboto terdapat di Kecamatan Malaka Timur.