Saling Asah, Asih, Asuh – Dinas Kominfo Provinsi NTT selenggarakan Forum PPID Tahun 2020

Kupang – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahun 2020 dengan materi Konsolidasi dan Sosialisasi Daftar Informasi Publik yang Dikecualikan pada Selasa (18/02) di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT.

Acara ini di buka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Aba Maulaka. “Kita hari ini berkumpul disini untuk melaksanakan amanat konstitusi, pasal 28 F UUD 1945 mengamanatkan bahwa hak untuk mendapat informasi atas penyelenggaraan pemerintahan merupakan hak asasi”, ungkap Aba.

“Forum komunikasi PPID menjadi momentum bertukar informasi untuk saling asah, asih, asuh dan menjadi momentum bangun komunikasi 2 arah. Forum ini memiliki esensi untuk saling berkomunikasi dan bersinergi dalam memahami tupoksi PPID terlebih khusus tentang informasi yang dikecualikan”, ujarnya.

Hadir disaat yang sama, Kepala Subbidang Layanan Informasi, Data dan Dokumentasi Pusat Penerangan Kemendagri, A. Ernawati AB, menjelaskan bahwa klasifikasi informasi terdiri atas informasi yang disediakan secara berkala, informasi yang disediakan setiap saat, dan informasi yang dikecualikan.

“Informasi yang dikecualikan apabila dibuka dapat menghambat proses penegakan hukum, mengusik kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual, membahayakan pertahanan dan keamanan negara, mengungkap kekayaan alam Indonesia”, tandas Ernawati.

Turut hadir di forum ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka Brinsyna Elfrida Klau. Kehadiran Kepala Diskominfo Kab. Malaka ini menujukan komitmen untuk melaksanakan PPID di lingkup Pemkab Malaka.

Hadir pula PPID Pembantu Organisasi Pemerintah Daerah lingkup Provinsi NTT, PPID Utama Kabupaten/kota se-NTT dan perwakilan dari Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (Ary Erap/Diskominfo )

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *