SEKRETARIS DAERAH MEMBUKA SEMINAR LITERASI DIGITAL DI BESIKAMA

Besikama – Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka Donatus Bere membuka kegiatan Seminar Literasi Digital dengan tema Masyarakat Cakap Literasi Digital,  kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka di Aula SMAN Malaka Barat (Kamis, 05/03/2020)

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Sekda, “Digitalisasi membuat manusia mau tidak mau harus menguasai teknologi informasi. Mengingat, pentingnya teknologi yang dapat mempermudah aktivitas. Namun, kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi tak selamanya membawa dampak positif bagi masyarakat”.

“Banjir hoaks dan ujaran kebencian di media sosial, berita palsu yang memicu misinformasi dan konflik di masyarakat, merupakan bukti betapa kemajuan peradaban manusia tak selamanya membawa pengaruh positif”, ujar Sekda.

Seminar yang digelar ini sangat bagus bagi generasi muda agar bisa memiliki pemahaman yang baik bagaimana memanfaatkan teknologi untuk kebaikan bersama. Generasi muda perlu memiliki ketahanan jiwa dan kepribadian yang baik supaya tidak jadi korban teknologi.

Kepala Seksi Perancangan Literasi Digital Kementerian Kominfo RI, Rangga Adi Negara mengatakan bahwa konsep literasi digital sangat erat dengan penggunaan media digital, dalam hal ini penggunaan media internet. Penggunaan media internet belakangan ini menjadi kebutuhan dalam setiap aktivitas yang menuntut pemerolehan informasi yang begitu cepat. Internet yang menyediakan akses informasi yang cepat dan senantiasi terperbaharui setiap saat.

“Untuk itu, akses terhadap sumber daya informasi digital sangat melimpah. Setiap orang bebas memasukkan informasi di dunia maya tanpa batasan. Istilah digital native mengandung pengertian bahwa generasi muda saat ini hidup pada era digital, yakni internet menjadi bagian dari keseharian dalam hidupnya”, ujar Rangga.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka, Brinsyna Elfrida Klau yang turut menjadi narasaumber mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk
mengedukasi masyarakat khususnya pelajar agar menggunakan teknologi digital dan alat-alat komunikasi atau jaringan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, mengelola, dan membuat informasi secara cerdas, kreatif dan produktif.

“Kabupaten Malaka sangat membutuhkan sentuhan dari Pusat. Apalagi Kabupaten Malaka merupakan salah satu daerah terluar dan menjadi garda terdepan Nusantara. “Diharapkan agar semua lokasi di Kabupaten Malaka bisa Merdeka Sinyal dan bisa menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi”, ujar Brinsyna.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas PKPO Malaka, Kapolsek Malaka Barat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Guru dan Siswa SMAN Malaka Barat. (Ary Erap/Diskominfo)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *